TOEFL




Apa itu Toefl ???


Bahasa Inggris merupakan suatu bahasa yang diakui secara Internasional, dan mau tidak mau kamu harus mempelajarinya. Coba renungkan sejenak apabila anda nekat untuk mendaftar kuliah atau bekerja di luar negeri tanpa adanya persiapan matang salah satunya dengan tes TOEFL !! Yaaa, pasti tidak lulus dan tidak akan diterima. As simpe as that !


Sedikit pengenalan tentang TOEFL. TOEFL atau test of English as foreign language adalah sebuah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang yang bahasa induknya atau bahasa sehari-harinya bukan menggunakan bahasa inggris(non-native English language speakers). Untuk persyaratan kuliah dan atau bekerja di luar negeri, terutama di negara-negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar mereka pun menerapkan TOEFL sebagai salah satu standarisasi.


Ada berapa jenis tes TOEFL ?


Pada tes TOEFL terdiri menjadi 2 jenis, yaitu TOEFL PBT(Paper Based Test) dan iBT(internet Based Test). Disini TOEFL PBT biasanya digunakan untuk wilayah Asia saja, dan hanya dapat digunakan untuk instusi dan wilayah lokal tertetu dan tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia. Tes TOEFL PBT terbagi menjadi tiga sesi ujian, yaitu :

  • Listening
  • Structure and Written Expression
  • dan Reading Comprehension

Bisa dilihat di tabel berikut


(Durasi waktu yang diberikan untuk ketiga bagian atau sesi ini adalah selama 115 menit.)


Score Toefl PBT


Contoh: Menghitung Skor TOEFL



Gunakan Tabel di atas untuk menghitung SkorTOEFL Anda, misalnya sebagai berikut:



Demikian di atas adalah cara menghitung skor TOEFL untuk format tes TOEFL PBT (paper based test), yang juga biasanya digunakan dalam tes TOEFL ITP. Sedangkan untuk format CBT dan IBT perhitungannya berbeda dengan format PBT. Untuk mengetahui perhitungan skor TOEFL IBT dan CBT, silakan baca penjelasan dibawah ini





Sedangkan pada TOEFL iBT meliputi :


  • Reading

    Kita diberikan bacaan panjang yang terdiri dari beberapa paragraf, kemudian diharuskan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan paragraf tersebut. Terdapat beberapa bacaan dengan tema beragam yang diberikan kepada kita.


  • Listening

    Secara umum pada listening kita mendengarkan sesuatu dan kemudian menjawab beberapa pertanyaan dari situ. Ada dua macam audio pada listening: yang pertama berupa lecture seperti pada kuliah, dan yang kedua adalah percakapan antara dua orang. Seperti pada kuliah sebenarnya, kita diizinkan untuk mencatat yang kita dengar.


  • Speaking

    Writing ada dua bagian. Yang pertama adalah membaca sebuah bacaan, kemudian kita menjawab pertanyaan yang diajukan dengan membuat sebuah essay. Yang kedua adalah menuliskan sebuah essay yang berisi opini pribadi atas suatu isu, kalau tidak salah minimal 300 kata.


  • Writting

    Bagian yang menghancurkan nilai gw. Pada speaking kita berbicara pada sebuah mikrofon. Berbeda dengan bicara kepada orang, tidak akan ada feedback dari lawan bicara kita, sehingga akan terasa sangat awkward, seolah kita sedang ngomong sendiri. Ada tiga bagian. Yang pertama kita menjawab sesuatu yang personal (gw disuruh menceritakan pengalaman hidup gw yang life changing), yang kedua adalah memberikan opini, dan yang ketiga meringkas suatu lecture. Karena gak terbiasa gw terbata-bata di sini.


iBT ( Internet Based Test ) Tes ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu reading, listening, writing, dan speaking.


Dalam skor iBT (Internet Based Test), skor diperoleh dengan memadukan penilaian matematis dari komputer dan penilaian oleh manusia. Hal ini berbeda dengan tes PBT dan CBT yang hanya mengandalkan penghitungan matematis. Untuk memeroleh nilai resmi, Anda harus menjawab minimal satu pertanyaan dari masing-masing sesi reading dan listening, menulis minimal satu esai, dan melewati minimal satu tes speaking. TOEFL iBT yang dikerjakan dengan jaringan Internet ini memiliki empat bagian skala penilaian, yaitu:


Format tes yang ini mulai populer akhir tahun 2005, menggantikan computer-based dan paper-based. Pada dasarnya format soal sama dengan paper-based, tapi tanpa sesi structure. Inilah yang menjadi perbedaan utama PBT dan iBT. Selain itu, susunan pertanyaan dan durasinya pun sedikit berbeda.


Bisa dilihat di tabel berikut

(Durasi waktu yang diberikan untuk keempat bagian atau sesi ini adalah selama 4 Jam.)


Untuk penilaian skor akhir pada kedua tes ini pun cukup berbeda. Pada TOEFL PBT memiliki rata-rata skor 310-677, sedangkan pada TOEFL iBT memiliki range skor antara 0-120.


Tau enggak, ekspresi saat saya melakukan tes pertama kali tentang scoring TOEFL PBT di ELFAST KAMPUNG INGGRIS



Stress tingkat dewa, score saya dibawah 400 ( hello s1 bahasa inggris Toeflnya ANGKERRRR



Sumber:



Ada empat bagian yang diujikan dalam
test TOEFL PBT :

Let's go