" Perbedaan kata LIVE dan STAY "

Posted on july 1st 2018 (Minggu) by Abdul Aziz S. Pd.




Okey, berbicara tentang makna sebuah kata di dalam bahasa pasti ada beberap kata yang mempunyai makna hampir sama bahkan membingungkan didalam penggunaanya apalagi di dalam bahasa inggris( bukan bahsa ibu kita).


Disini saya menceritakan sebuah masalah pengunaan kata yang cukup membingungkan apalagi bagi yang benar-benar tidak terlalu mengerti bahasa inggris. Dimulai dari perbincangan saya di group alumni sekolah via WA, ada beberapa teman yang juga agak kurang memahami penggunaan kata tersebut sehingga terjadilah diskusi yang membahas masalah ini ( perbedaan stay dan live ).


Ingat belajar sebuah bahasa perlu keseriusan meskipun tidak seserius menonton drama korea, eetsss saya bukan penggemar opa loe,,,hehe


Baik kita kembali ke laptop, kedua kata tersebut apabila sobat mencarinya di kamus bahasa Inggris-bahasa Indonesia, maka keduanya memiliki arti yang sama tinggal. Kata tinggal tersebut mempunyai arti menghabiskan sekian waktu untuk tinggal.


Materi ini sangat menarik untuk dipahami, walaupun mudah untuk dipahami,tidak ada salahnya untuk kita mempelajarinya bukan?. Untuk itu mari kita simak penjelasannya berikut ini.


1. Kata Stay (Tinggal untuk sementara)



Kata stay adalah sebuah kata kerja yang digunakan apabila kita tinggal dalam suatu tempat/wilayah, hanya dalam waktu yang sementara saja atau sebentar tidak terlalu lama. Dengan kata lain tidak menetap, bisa juga dikatakan sementara waktu.


kata stay biasanya berpasangan dengan kata yang merujuk pada kata tempat tinggal sementara misalnya motel, hotel, apartment, inn, boarding house.


Lihat contoh penggunaan kata stay dalam kalimat berikut:


  • My family stays in Banjarmasin.
  • {Keluargaku tinggal/menginap (untuk sementara waktu) di Banjarmasin}.


Untuk contoh lainya silakan downlaod di sini


2. Kata Live (Tinggal tetap/menetap)



kata live digunakan untuk menyatakan tinggal tapi tinggal yang menetap yang cukup lama bahkan sejak dari lahir. Dengan kata lain subject memang tinggal ditempat tersebut atau bisa juga dikatakan selamanya .


kata live biasanya berpasangan dengan kata yang merujuk pada kata tempat tinggal misalnya house, nama kota misalnya Banjarmasin, nama kawasan misalnya Bunyamin Resident.


Lihat contoh penggunaan kata live dalam kalimat berikut:


  • My family lives in Banjarmasin.
  • {Keluargaku tinggal(untuk untuk waktu yang lama) di Banjarmasin}.


Untuk contoh lainya silakan download di






Ada empat bagian yang diujikan dalam
test TOEFL PBT :

Let's go