SOCIAL-MEDIA

What is the social media?

Menurut McLuhan, kehadiran New Media dapat membuat sebuah proses komunikasi menjadi global, sehingga menyebabkan mengapa dunia saat ini disebut dengan Global Village) .

McLuhan mengatakan bahwa dunia akan menjadi satu desa global (Global Village) dimana produk produk yang ada akan menjadi cita rasa semua orang. Global Village menjelaskan bahwa tidak ada lagi batas waktu dan tempat yang jelas. Informasi dapat berpindah dari satu tempat ke belahan dunia lain dalam waktu yang sangat singkat dengan menggunakan teknologi internet. Global Village adalah konsep mengenai perkembangan teknologi komunikasi di mana dunia dianalogikan menjadi sebuah desa yang sangat besar. (Mc Luhan 1994).

Menurut Mc Luhan dunia ini sudah semakin mengecil dan dapat di ibaratkan dengan global villages (dunia bagai desa kecil yang mudah dijangka). Di era globalisasi sekarang ini, orang sudah tidak memandang lagi manusia dari hubungan antarsuku, bangsa dan negara. mereka sudah memandang tentang ekspansi dan penugasaan terhadap pasar dunia secara global.

Tak heran bila akhirnya banyak perusahaan melakukan perluasan pasarnya dengan membuka cabang dibeberapa tempat di bumi ini. Perubahan orientasi tersebut memerlukan strategi komunikasi pemasaran yang bersifat global dan internasional pula. Semua strategi komunikasi pemasaran harus berpatokan dan berpandangan pada pemasaran global, terutama penentuan harga, distribusi, merek,kemasan dan iklan dengan konsep yang sama. Dalam artian, semua ini harus ada sentuhan global guna penyusunan strategi pemasaran yang internasional. Inti dari strategi komunikasi pemasaran global adalah kesamaan pandangan pelanggan dan khalayak, diantara beberapa negara tentang suatu produk. Jadi dalam memahami fenomena global, perubahan cara pandang yang global tidak selalu hanya berorientasi pada produk, tetapi lebih kepada bagaimana reaksi dan respons pasar global .

Sedangkan dalam buku Marketing Management: Kotler Keller (Kotler & Keller. 2012), tertulis bahwa media sosial untuk para pemakainya merupakan media untuk membagikan informasi teks, gambar, audio dan video dengan pemakai lainnya dan dengan perusahaan dan lain sebagainya. Media sosial memberikan kesempatan bagi para pemakainya untuk memberikan opini publik dan melakukan aktivitas komunikasi. Media sosial pun sudah mulai dipakai oleh banyak perusahaan untuk kegiatan marketing maupun public relations.

    Terdapat tiga jenis utama dari media sosial:
  • Komunitas online dan forum
  • Bloggers (individual dan networks seperti Sugar dan Gawker)
  • Social Network (seperti Facebook, Twitter,instagram, Youtube dll)

Kampanye internet merupakan kampanye jenis baru yang relatif di mainkan oleh para pemain yang dapat memanfaatkan internet dengan baik melalui sema perangkat lunak yang tersedia dalam suatu sistem. Kampanye internet kini semakin populer didalam masyarakat informasi. Banyak pesan kampanye kini dirancang dalam bentuk iklan, tulisan, desain, logo dan stiker yang semuanya ditampilkan melalui internet. Bahkan internet menampilkan campuran media (surat kabar, majalah, jurnal, dan video klip) yang sekaligus berperan sebagai media kampanye.

Internet kini menjadi inti dari kampanye modern. Teknologi komunikasi yang meliputi inti internet antara lain e-mail, situs web, dan podcast, media cetak yang “berubah” menjadi surat kabar atau majalah elektronik, dan videoklip kini digunakan sebagai media penyalur informasi. Adapun pemanfaatan teknologi modern seperti ini memungkinkan seluruh proses penyampaian dan persebaran pesan dapat menjangkau jumlah audiens yang lebih besar dan tersebar di berbagai ruang geografis dan waktu yang berbeda-beda. Yang penting untuk diketahui bahwa teknologi internet digunakan dalam rangka pengumpulan dana fundraising, lobbying, volunteering, community building, dan organizing.

Dalam proses komunikasi ada komponen-komponen yang terlibat diantaranya sumber, pesan, saluran, dan komunikasi. Bahwa saat ini perkembangan komunikasi tidak memungkinkan lagi bagi kita untuk menutup- nutupi suatu fakta. Maka dengan komunikasi itu menjadi muncul adanya saling pengertian dan kepercayaan. Media sosial adalah istilah untuk situs jejaring sosial yang menggunakan media baru, misalnya internet. Media sosial misalnya facebook, twitter, , dan sebagainya. Tujuan awal dibuat adalah untuk menghubungkan orang dengan kawannya yang terpisah jarak jauh. Perkembangan Media sosial di Indonesia sangatlah pesat penggunaannya berbeda dengan media tradisional semisal televisi, koran, radio dan majalah adalah media yang memberikan teknologi informasi statis dan monolog kepada konsumennya. Hanya satu arah dan membutuhkan waktu yang lama untuk memberikan feedback kepada media tersebut.

Media sosial sangat aktif memberikan informasi. Teknologi- teknologi web baru memudahkan semua orang untuk membuat dan yang paling terpenting menyebarluaskan konten yang mereka buat sendiri. Post diblog*, tweet, facebook* serta forum online lainnya yang dapat diakses dan dilihat oleh jutaan orang secara gratis. Media sosial sangat banyak yang berkembang yang dapat digunakan memperoleh citra positif di masyarakat luas.

Dalam pelaksanaanya kampanye ini, media sosial merupakan wadah yang dimanfaatkan dalam penyebaran informasi kepada khalayak. Hal ini dapat dilihat dari mulai promosi kampanye sampai dengan pasca kampanye melalui website, e- mail, facebook, blog, twitter dan instagram.